Kapan Waktu yang Tepat Membaca Doa Dzun Nun?

loading...

Kapan Waktu yang Tepat Membaca Doa Dzun Nun ? – Oleh:
Ust. Dzulqarnain M. Sunusi

Tanya: Mohon penjelasan kapan waktu mengucapkan dzikir berikut sehingga mendatangkan manfaat yang besar,

“Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inni kuntu minazh zhaalimiin.”

Lalu apakah doa itu kalau dibaca 40 kali untuk orang yang sakit akan dimudahkan oleh Allah, kebaikan-kebaikan seperti: kalau orang yang sakit tersebut sembuh, maka dosa-dosanya dihapuskan dan bila yang sakit meninggal, katanya insya Allah khusnul khatimah. Katanya ada haditsnya juga. Tolong dijelaskan.

Jawab:
Hadits dalam hal tersebut adalah dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallâhu ‘anhu, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa Dzun Nûn (Nabi Yunus) saat beliau berdoa dalam perut ikan,

Baca Juga :  Keutamaan Menyebarkan Salam

ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻧْﺖَ ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺇِﻧِّﻲ ﻛُﻨْﺖُ ﻣِﻦَ‏‎ ‎ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ
“Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inni kuntu minazh zhaalimiin.”

‘Tiada yang berhak diibadahi kecuali Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya dahulu tergolong orang-orang yang berlaku zhalim.’ Tidaklah seorang muslim berdoa dengannya pada suatu apapun kecuali Allah akan kabulkan untuknya.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy dalam Al-Kubrâ dan Al-Hakim. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albany dalam Ash-Shahihah no. 1744)

Hadits di atas menunjukkan keutamaan doa tersebut dalam kondisi apapun, terkhusus kondisi kesulitan. Hal tersebut adalah salah satu dari keutamaan La Ilaha Illallah yang sangat luas. Tidak ada batasan tertentu dalam membacanya, dan tidak boleh membuat batasan dan ketentuan khusus kecuali dengan dalil.

Baca Juga :  Doa Tamu Kepada Orang Yang menghidangkan Makanan

Kami tidak mengetahui ketentuan khusus membaca 40 kali pada saat sakit dan semisalnya. Perlu kami ingatkan, bahwa keutamaan suatu doa dan kesegeraan manfaat bagi siapa yang membaca suatu doa adalah kembali kepada pengetahuan hamba terhadap makna doa dan ketulusannya dalam menjalani kandungannya.

 

Wallahu A’lam.

Sumber: http://dzulqarnain.net/kapan-waktu-membaca-dzikir.html

Loading...