Doa Akhir Bulan Sya’ban dan Awal Bulan Ramadhan

loading...
Bulan Ramadhan 1435 H – Bulan Sya’ban 1435 H atau 2014 akan segera berakhir dan berganti dengan bulan Ramadhan. Kaum muslimin akan meninggalkan bulan Syaaban  dan akan menyambut  Bulan Ramadhan al-Mubarak sebentar lagi. Maka baguslahdibaca ‘Doa Akhir Sya’ban dan Doa Awal Ramadhan’ berikut bagi memantapkan keimanan kita sewaktu ‘Meninggalkan Hari Terakhir Bulan Syaaban’ ini;

Doa Akhir Bulan Sya’ban dan Awal Bulan Ramadhan

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

“Ya Allah! Sesungguhnya bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an dan dijadikan petunjuk bagi manusia, penjelasan dari petunjuk dan perselisihan. Bulan Ramadhan telah datang, maka selamatkan kami di dalamnya, salurkan kedamaiannya pada kami, jadikan ia keselamatan bagi kami dalam fasilitas dan keamanan dari-Mu. Wahai Yang Menerima amal yang sedikit dan mensyukuri yang banyak, terimalah amalku yang sedikit ini.
Ya Allah! Aku memohon kepada-Mu, jadikan bagiku jalan pada semua kebaikan, dan penghalang dari semua yang tidak Engkau cintai, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi. Wahai Yang Memaafkan kesalahanku dan keburukan yang kusembunyikan. Wahai Yang Tidak menyiksaku karena perbuatan maksiatku, maafkan aku, maafkan aku, maafkan aku wahai Yang Maha Mulia.
Tuhanku! Engkau sadarkan aku, tapi aku belum juga menyadarinya. Engkau halau aku dari larangan-Mu, tapi aku belum juga terhalau, lalu apalagi alasanku, maafkan aku wahai Yang Maha Mulia, maafkan aku, maafkan aku!
Ya Allah! Aku memohon kepada-Mu kedamaian saat kematian menjemputku, dan maafkan aku ketika amalku dihisab. Besar sudah dosa hamba-Mu ini, maka ampuni aku dengan ampunan yang baik dari sisi-Mu wahai Yang Maha Menjaga dan Maha Mengampuni, maafkan aku, maafkan aku.
Ya Allah! Aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, yang lemah dan harus pada rahmat-Mu. Sementara Engkau Yang Menurunkan kekayaan dan keberkahan kepada semua hamba-Mu, Engkau Maha Perkasa dan Maha Kuasa, Engkau menghitung semua amal mereka, Engkau yang membagikan rezeki mereka. Engkau ciptakan mereka berbeda-beda dalam bahasa dan kulit dari generasi ke generasi berikutnya. Hamba-Mu tak akan mampu mengetahui semua ilmu-Mu, hamba-Mu tak akan mampu menolak takdir-Mu. Kami semua harus pada rahmat-Mu, maka jangan palingkan wajah-Mu dariku, jadikan aku tergolong pada hamba-Mu yang saleh dalam amal dan keinginan, dalam ketetapan dan takdir-Mu.
Ya Allah! Hidupkan aku dalam kehidupan yang paling baik, dan matikan aku dalam kematian yang terbaik mengikuti para kekasih-Mu dan menjauhi musuh-musuh-Mu, takut dan patuh pada-Mu, memenuhi dan menerima perintah-Mu, membenarkan kitab-Mu dan mengikuti sunnah Rasul -Mu.
Ya Allah! Semua yang ada dalam hatiku: keraguan, penentangan, keberputus-asaan, kesenangan yang berlebihan, kesombongan, keangkuhan ketika mendapat nikmat, prasangka buruk, riya ‘atau suka pujian, permusuhan, kemunafikan atau kekufuran, kefasikan atau kemaksiatan, atau kebanggaan, atau sesuatu yang lain yang tidak Engkau ridhai.
Karena itu, aku memohon kepada-Mu, gantikan semua itu dengan keimanan pada janji-Mu, mematuhi perintah-Mu, ridha pada ketentuan-Mu, kehidupan zuhud di dunia, harapan pada yang ada di sisi-Mu, kedamaian dan taubat yang sebenarnya; aku memohon semua itu kepada-Mu Ya Rabbal ‘alamin.
Tuhanku! Engkau dikianati dan dicurangi karena kelembutan-Mu, Engkau ditaati karena kemuliaan dan kedermawanan-Mu, seolah-olah Engkau tidak pernah dicurangi olehku dan oleh seluruh penghuni bumi. Maka jadilah Engkau bagi kami Yang Maha Pemurah dengan segala karunia-Mu, Yang Maha Perihatin dengan segala kebaikan-Mu. Wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi!
Semoga shalawat selalu tercurahkan kepada Muhammad SAW dan keluarganya, shalawat yang abadi yang tak terhitung jumlahnya dan tak terukur nilainya oleh selain-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi! “
.
(Kutipan dari kitab Mafatihul Jinan, bab 2, pasal 2)
Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2
.
Salah satu cara terbaik untuk menyambut masuknya bulan suci Ramadhan al-Mubarak adalah dengan berdoa. Satu lagi riwayat para sahabat, Rasulullah SAW telah membaca Doa Menyambut Ramadhan berikut:
.
“Ya Allah, telah tiba bulan Ramadhan. Wahai Tuhan pemilik bulan Ramadhan, Engkau telah menurunkan Al-Qur’an di dalamnya dan telah menjadikannya sebagai penjelasan atas petunjuk dan perbedaan antara yang hak dan yang batil. Wahai Tuhan kami, berkatilah kami di dalamnya dan bantulah kami dalam melaksanakan puasa dan menunaikan shalat di dalamnya. Terimalah amal-amal kami di bulan ini.
Ya Allah, segala puji bagiMu yang telah membimbing kami untuk memujiMu sehingga kami mengerti bersyukur atas segala kebaikanMu dan agar Engkau membalas kami dengan balasan yang Engkau berikan pada mereka yang berbuat kebajikan.
Segala puji bagi Allah yang menganugerahi kami dengan agamaNya, mengistimewakan kami dengan millahNya dan menunjukkan kami jalan-jalan kebaikannya, dengan pujian yang Dia terima dari kita dan membuatNya ridha kepada kita.
Segala puji bagi Allah yang menjadikan di antara jalan-jalan (kebaikannya) adalah bulan Ramadhan, bulan puasa, bulan Islam, bulan kesucian, bulan pembersihan, bulan menegakkan shalat malam, bulan yang di dalamnya Al Qur’an diturunkan sebagai penyuluh dan penjelasan petunjuk dan pembeda bagi manusia. (QS Al Baqarah: 185).
Dia menjelaskan keutamaan bulan ini melebihi semua bulan dengan menjadikannya berlimpah dengan kesucian dan bertabur dengan fadhilah. Dia mengharamkan di bulan ini yang dihalalkan di bulan lain sebagai pengagungan untuknya. Dia larang di bulan ini makan dan minum sebagai penghormatan untuknya. Dia jadikan di bulan ini waktu-waktu tertentu (saat sahur dan buka) yang tidak bisa didahulukan dan tidak bisa diakhirkan.
Lalu, Dia menghargai satu malam di antara malam-malam bulan ini melebihi malam-malam seribu bulan. Dia namakan malam itu dengan malam Lailatul Qadar. Pada malam itu turun para malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan, menebar kedamaian (bagi mereka) (QS al-Qadr :4-5) terus-menerus dan menaburkan keberkahan sampai terbit fajar kepada siapa saja diinginkan dari para hamba Allah sesuai dengan ketentuan dan ketetapanNya.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya dan ilhamkan kepada kami untuk mengenal kebesarannya (Ramadhan), mengagungkan kesuciannya, menjaga apa yang dilarangnya. Bantulah kami untuk menjalankan puasanya dengan menahan anggota badan dari dehaka kepadaMu dan menggunakannya untuk segala apa yang Engkau ridhai.
Telinga-telinga kami tidak sampai mengarah pada sia-sia, mata-mata kami tidak terpusat pada kealpaan, tangan-tangan kami tidak kami ulurkan pada larangan, kaki-kaki kami tidak kami langkahkan pada keburukan, perut-perut kami tidak kami isi kecuali dengan yang Engkau halalkan, lidah-lidah kami tidak berbicara kecuali yang Engkau contohkan. Kami tidak melakukan kecuali yang mendekatkan pahalamu dan kami tidak mengerjakan kecuali yang dapat menghindarkan kami dari siksaMu.
Maka bersihkanlah semua (amal) itu dari sifat riak dan dari membangga diri. Di bulan ini kami tak akan menyekutukanMu dengan siapapun dan tidak akan mencari kerinduan selain kepadaMu.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya. Bantulah kami di bulan Ramadhan untuk menjaga waktu-waktu shalat yang lima dengan hukum-hukumnya yang telah Engkau tentukan, fardhu-fardhunya yang Engkau fardhukan, tugas-tugasnya yang Engkau tugaskan, dan waktunya yang Engkau tetapkan.
Di dalam shalat kami naikkan kami ke tingkatan orang yang memelihara tingkat-tahapnya, menjaga rukun-rukunnya, melakukannya pada waktu yang sesuai dengan apa yang disunahkan hambaMu, RasulMu SAW, dalam ruku’nya, sujudnya, dan semua geraknya, dengan kemurnian yang paling tinggi dan paling sempurna, dengan kekhusyuakn yang paling nyata.
Dalam bulan ini, bantulah kami untuk menyambungkan persaudaraan dengan kebajikan dan kekeluargaan, memperhatikan tetangga kami dengan bantuan dan pemberian, membebaskan harta kami dari tuntutan, membersihkannya dengan mengeluarkan zakat, mendekatkan lagi orang yang menjauhi kami, memperlakukan dengan adil orang yang menyakiti kami, berdamai dengan orang yang memusuhi kami, kecuali dalam permusuhan yang semata-mata keranaMu dan untukMu, karena dialah musuh yang tidak kami senangi dan golongan yang tidak kami sukai.
Dalam bulan ini, bantulah kami untuk mendekatkatiMu dengan amal-amal suci yang membersihkan dosa-dosa kami dan menjaga kami dari mengulangi noda, sehingga para malaikatmu tidak lebih banyak memasuki pintu-pintu ketaatan dan macam-macam peribadatan dari yang kami persembahkan untukMu.
Ya Allah, aku bermohon kepadaMu demi hak bulan ini, demi hak siapa saja yang menyembahMu, sejak awal sampai waktu kematiannya, para malaikat yang Engkau dekatkan, para nabi yang Engkau kirim, para hamba saleh yang Engkau istimewakan, sampaikanlah shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya . Di bulan ini, jadikanlah kami orang yang layak menerima penghargaan yang Engkau janjikan kepada para kekasihMu, yang Engkau pastikan kepada orang-orang yang bersungguh-sungguh beribadah kepadaMu. Tempatkan kami dalam kelompok orang yang berhak mendapat tempat paling mulia dengan rakhmatMu.
Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya, jauhkanlah kami dari ketergelinciran dalam bertauhid kepadMu, kekurangan dalam Engkau, keraguan terhadap agamaMu, keburukan dari jalanMu, kelalaian akan kesucianmu, ketertipuan oleh musuhmu, setan yang terkutuk!
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya. Jika pada malam-malam bulan ini ada hamba yang tengkuknya dibebaskan dengan ampunanMu atau dianugerahi maafmu, tempatkan kami pada kelompok dan orang yang terbaik di bulan ini.
Ya Allah, hilangkan dosa-dosa kami bersamaan dengan hilangnya bulan sabit Ramadhan, lepaskan beban-beban kami bersamaan dengan berlalunya hari-harinya, sehingga ketika bulan ini meninggalkan kami, Engkau telah membersihkan kami deri kesalahan, Engkau sudah melepaskan kami dari keburukan.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya, jika kami di bulan ini menyimpang, luruskanlah; jika kami tergelincir, tegakkanlah; jika setan musuh kami mencengkeram, selamatkanlah kami.
Ya Allah, penuhi bulan ini dengan pengabdian kami kepadaMu, hiasi waktu-waktunya dengan ketaatan kami kepadaMu, bantulah kami pada waktu siangnya dengan puasa dan malamnya dengan shalat khusyuk, tunduk dan merendah kepadaMu. Sehingga siangnya tidak menyaksikan kami dalam kelalaian, malamnya tidak melihat kami dalam kealpaan. Ya Allah, jadikan kami seperti ini juga di bulan-bulan lain, selama Engkau hidupkan kami.
Jadikan kami di antara hamba-hambaMu yang soleh yang banyak menyerap Firdaus dan kekal di dalamnya (QS Al Mukminun: 11), yang memberikan apa yang mereka berikan dalam kondisi gemetaran (mengetahui) bahwa mereka akan kembali kepada Tuhan, mereka termasuk orang-orang yang berlomba -lomba mendapat kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad SAW dan keluarganya pada setiap waktu dan saat, di segala kondisi, sebanyak shalawat yang Engkau berikan kepadanya dan gandakan selawat itu dengan kelipatan yang hanya Engkau yang dapat menghitungnya. Sungguh Engkau melakukan apa yang Engkau kehendaki. “
.

*) Syaikh Rakhiuddin, Iqbal al-A’mal, Muassasah al-A’la Li al-Mathbu’at, Beirut, 1996, hal. 322.
Baca Juga :  Doa Jika ada Halilintar dan Angin Ribut
Loading...

Baca Juga :  Doa Bercermin Lengkap dengan terjemaahannya Dalam Bahasa Indonesia