Dimana Letak Surga dan Neraka

loading...
Dimana Letak Surga dan Neraka – Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu ditanya dengan konteks pertanyaan sebagai berikut: Allah Ta’ala berfirman, yang artinya: “Surga yang luasnya seluas langit-langit dan bumi dipersiapkan bagi orang-orang yang bertakwa.” Apakah surga itu berada di langit ataukah berada di bumi?

Maka Syaikh rahimahullahu menjawab:

Surga itu berada di atas langit sebagaimana yang shahih dalam hadits. Dalam sebuah hadits, yaitu hadits yang terdapat dalam Shahih al-Bukhari tentang kisah ibu dari Haritsah, dimana Haritsah waktu itu meninggal dalam perang, mati syahid. Dia bertanya: “Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang anakku, Haritsah. Kalau dia berada di dalam surga, maka saya hanya mengharapkan pahala dari kematiannya. Tapi jika tidak, maka saya akan menangis.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Yang artinya: “Sesungguhnya anakmu telah mendapatkan surga Firdaus. Sementara surga al-Firdaus itu berada di surga yang paling tinggi.”

<br/ >Jadi surga tempatnya di atas langit, sebagaimana jahannam tempatnya di tingkatan yang paling rendah, berada pada sijjin.

Baca Juga :  Khasiat Amalan Doa Wirid Enam Basmalah

Demikian jawaban asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu ta’ala dalam Ijabatus Sail, soal no. 337.

Loading...

Baca Juga :  Tempat Tinggal Jin Atau Syetan