Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengetahuan saya tentang bagaimana cara belajar membedah Kisi-kisi Ujian Nasional (UN). Semoga artikel ini bermanfaat bagi pendidik maupun peserta didik sebagai bekal atau persiapan dalam melaksanakan UN. 
Pemerintah memberikan kisi-kisi UN yang nantinya digunakan sebagai acuan pendidik, penyelenggara atau tim dalam pembuatan latihan soal-soal tryout tingkat kecamatan/kota/provinsi. Pada kesempatan ini saya akan mencoba mencontohkan cara Belajar Bedah Kisi-kisi UN IPA. Langsung aja kita simak pembahasan singkat berikut ini.

Belajar Bedah Kisi-kisi UN IPA

Membuat soal latihan tryout berdasarkan Kisi-kisi UN IPA tidak terlalu sulit asalkan kita mengetahui maksud dari materi yang diinginkan. Hal pertama yang dilakukan sudah pasti harus memiliki kisi-kisi UN terlebih dahulu. Jika belum memiliki Kisi-kisi UN silahkan klik link berikut ini.

Dalam membedah kisi-kisi UN, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah INDIKATOR materi soal.  Saya ambil contoh Indikator 1 materi IPA sebagai berikut.

membedah kisi-kisi UN
  • Kata Mengidentifikasi yang dilingkari warna biru merupakan TUJUAN yang dijadi acuan dalam pembuatan soalKata Mengidentifikasi adalah sebuah usaha untuk mengenali sesuatu.
  • Sedangkan kalimat yang dilingkari warna merah merupakan MATERI yang harus kalian ketahui.
Saya berikan gambaran soal sebagai berikut
INDIKATOR : Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup dilingkungan tertentu

MATERI SOAL
1. Mawar
Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah bila ingin memetiknya. Sebab, kalian bisa terkena duri-durinya yang tajam. Duri pada batang adalah ciri khusus yang dimiliki tanaman mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.
Ciri-ciri khusus pada tumbuhan

Baca Juga :  Download Gratis Soal US IPS Kelas 6

2. Kaktus
Kaktus hidup di tempat yang kering. Oleh karena itu, tumbuhan ini dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit. Untuk dapat tetap hidup di tempat yang kering, kaktus memiliki ciri khusus sebagai berikut. Akar kaktus umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin. Ciri khusus lainnya yaitu daunnya yang berbentuk duri. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Tempat fotosintesis digantikan oleh batang. Batang kaktus memiliki klorofil untuk dapat melakukan fotosintesis. Selain itu, batang kaktus menjadi besar dan menggembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air.

3. Teratai
Teratai biasanya hidup terapung di kolam atau danau. Daun teratai lebar dan tipis, sehingga mempermudah penguapan air dari tanaman tersebut dan penyerapan cahaya matahari. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Rongga-rongga ini berfungsi membawa oksigen ke batang dan akar sehingga teratai dapat bernapas walaupun batang dan daun akar terendam dalam air.

Baca Juga :  Latihan Soal Online Ujian Sekolah (US) PLBJ Kelas 6
loading...

4. Putri Malu
Putri malu memiliki daun yang dapat mengatup apabila disentuh. Dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri tersebut digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Jika tanaman putri malu dipotong, umbinya dapat bersemi. Bahkan, batangnya yang dipotong pun mampu menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut tumbuh sebagai tanaman baru.

5. Kantung Semar
Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan khas yang ada di daerah rawa-rawa. Daerah ini memiliki kandungan nitrogen yang sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tumbuhan yang hidup di sana. Untuk memenuhi kebutuhannya kantung semar sangat bergantung pada serangga sebagai makanannya karena serangga mengandung banyak nitrogen.

Baca Juga :  The Pineapple is yellow Materi Bahasa Inggris SD Kelas 5

6. Rafflesia Arnoldi
Tumbuhan Rafflesia arnoldi yang merupakan tanaman langka bunganya berbau bangkai. Bau bunga ini untuk menarik perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan.

Yang harus kalian ketahui adalah Identifikasi ciri khusus tumbuhan

Tumbuhan teratai memiliki ciri khusus yaitu batang yang berongga berfungsi membawa oksigen

CONTOH SOAL
Tumbuhan teratai mempunyai batang berongga yang berfungsi untuk ….
A. membawa oksigen
B. memudahkan penguapan
C. memudahkan mengapung di air
D. menyimpan makanan cadangan

Tumbuhan kaktus memiliki ciri khusus yaitu daun yang berbentuk seperti duri berfungsi untuk mengurangi proses penguapan air dari dalam tubuhnya

CONTOH SOAL
Daun pada tumbuhan kaktus berbentuk seperti duri yang berfungsi untuk ….
A. memudahkan penguapan
B. mengurangi proses penguapan
C. menyimpan cadangan makanan
D. mencari air sebanyak mungkin

Jika sudah faham silahkan anda mencoba membuat soal sendiri berdasarkan kisi-kisi acuannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua.

Loading...